Senin, 29 Agustus 2016

Faith

Berapa kali saya mendengar firman Allah, berdoalah padaKu maka Aku kabulkan? Sering, saking seringnya, saya yang lupa untuk mempercayainya. Padahal beberapa kali saya mengalami kejadian langsung, yang percaya gak percaya (saya akan bahas idiom ini belakangan), terjadi setelah saya minta, mohon.

Hal hal sehari hari. Mau naik kendaraan umum, badan capek bgt, minta dikasih tempat duduk. Beberapa kali kejadian-dan saya selalu dapet tempat duduk. Bener-bener, bener.

Terus terang, saat2 awal saya berdoa minta tempat duduk, saya juga ragu, dikabulkan gak, karena bukan saya pingin banget duduk, tapi saya takut malah jadi bumerang iman. Habis itu saya buletin tekad, wis, la haula wa laa quwwata illa billah.

Percaya gak percaya itu terjadi. Kenapa ya kita bicara idiom ini untuk hubungan kita dengan Tuhan? Kalo ada hal hal yg mistik kita bilang percaya gak percaya. Gillaa.. masak kejadian dengan Tuhan pun ngomong nya percaya gak percaya? Mari sobat, harus percaya, sebelum kejadian dikabulkan harus percaya, setelah kejadian dikabulkan, harus percaya juga! Kalo gak, apa bedanya seperti habis dapet barang lalu gak bayar? Weeeh..

Orang modern memang banyak me rasionalisasi segala hal. Pernah saya cerita ttg pengalaman dapat tempat duduk, dan komen orang, kebetulan aja kali..Lagi kosong, lagi ada. (Sigh).

Orang beriman harus berpikir, kalo gak dengan doa, mungkin kursi itu sudah dikasih ke orang lain.


Minggu, 28 Agustus 2016

Resep Pempek Adaan

Ini jenis pempek yang digoreng langsung, tanpa direbus dulu.

Bahan:
<>250 gr ikan tenggiri
<>100 gr air es
<>1 butir telur (kalo tidak pake telur, air ditambah jadi 150 gr-saya lebih suka tidak pake telur, kalo pake telur jadi terlalu gurih)
<>1 sendok teh garam
<>1/2  sendok teh penyedap
<>1/4  gelondong bawang putih (sisa bikin cuko)
<>1 buah bawang bombay, atau bawang merah, atau daun bawang, (pokoknya kalo diiris-iris banyaknya sama dengan 1 bawang bombay)
<>2-3 sendok makan santan kental instan
<>1/2  sendok teh merica bubuk
<>1 sendok teh peres gula pasir (untuk menyeimbangkan semua rasa. Entah gimana, tapi emang bener)
<>2 sendok makan minyak goreng
<>200 gr tepung sagu Alini (brand yang disarankan). Sagu disisihkan dulu

Cara Bikin:
<>Blend semua bahan kecuali sagu menjadi bubur ikan. Blend sampe kaku (warna keputihan)
<>Campur bubur ikan dengan tepung sagu dalam satu baskom
<>Oleni pake tangan, peras-peras, bolak balik, sampai menyatu banget. Adonan harus terasa seperti adonan bakso. Kalo terasa kebasahan tambah sagu dikit dikit, kalo terasa getas tambahkan air dikit-dikit
<>Panaskan minyak, kecilkan api, api harus kecil aja
<>Bolakan adonan pake 2 sendok makan, atau dicototin pake tangan seperti membuat bakso, atau pake scoop es krim (adonan harus bisa dibolakan tanpa jatuh karena terlalu basah/encer). Langsung goreng
<>Pempek akan berguling-guling sendiri, nggak usah kita balik pun.
<>Tunggu sampe berwarna coklat muda (dia sudah membesar sangat)
<>Angkat, tiriskan, tunggu 2 jam baru dimakan. Agar adonan relaksasi dan berada di tekstur terbaiknya)
<>

Resep Cuko Pempek

Setelah coba cobi berkali kali akhirnya menemukan juga resep cuko pempek yang nikmat. Perhatikan, rebus semua bahan ini bersama-sama, jangan ada yang ketinggalan.

 

-          500 ml air

-          250 gr gula aren (gula merah yang item banget, beli di pasar bilang aja gula untuk pempek)

-          1 sendok teh garam

-          2 sendok teh ebi dihaluskan/udang rebon (tanpa ini memang berasa ada yang kurang)

-          50 gr asam (yang dipake tadi asam dengan biji)

-          10 butir cabe rawit merah haluskan

-          3/4 gelondong bawang putih haluskan

 

Rebus semua sampe gula merah larut dan mendidih. Dinginkan, saring. Setelah disaring, ampas bumbu jangan dibuang dulu, tuang air panas sedikit, tekan-tekan, lalu peras lagi di saringan sampe sari-sarinya habis. Lumayan, dibuang sayang.

Rabu, 10 Agustus 2016

Membuat Dropdown Menu di Excel

Pingin bikin dropdown menu supaya tampilan worksheet kita rada keren? (setidaknya ada dropdownnya)

Tentunya dropdown ini harus ada isian datanya kan? Nah, sekarang ngisi data untuk si dropdown ini. Misal ditaruh di G3-G11 dengan isian nama-nama pegawai.

Untuk bikin dropdown,
1. Taruh kursor di sel yang akan diisi dengan dropdown menu, misal di sini sel B1, untuk data Nama Pegawai.
2. Pergi ke tab Data di ribbon --> Data Validation menu --> Data Validation
3. Akan muncul box Data Validation. Dalam validation criteria, pilih LIST
4. Lalu di bawahnya ada source data, sorot G3-G11 tadi.
5. OK dan jadilah





HASIL




Coba-coba Bayar Nyicil Tagihan Kartu Kredit

Saya ingin tahu, berapa total uang yang saya bayarkan jika saya membayar nyicil tagihan kartu kredit Bank X. Kebetulan di kartu kredit Bank X ini, saya hanya punya 1 transaksi senilai 230.000. Selama ini saya selalu bayar lunas, karena takut sama bunganya. Tapi, bagaimana jika suatu saat saya gak bisa bayar lunas karena terlalu besarnya tagihan? Berapakah risiko (beban bunga) yang mesti saya tanggung, dan apakah kelonggaran pembayaran yang saya ambil itu worthed?

Ok. Simulasi Real berjalan. Tagihan 230.000

Bayar (1), Agustus: 50.000 (paid)
Bayar (2), September: 60.000 (paid)
Bayar (3), Oktober: 60.000 (paid)
Bayar(4), November: 60.000 (paid)
extra bayar: ...?? 30.000 


OK, Jadi sudah lunas di bulan November, tapi menyisakan tagihan di bulan Desember sekitar 29 ribuan , atau 30.000 lah. Artinya setiap bulan saya kena bunga 7500 atau 3,2 % dari total tagihan (ini hitungan bodon aja, aslinya perhitungan bunga kartu kredit lebih rumit)

Menunda 4 bulan membayar lunas, biayanya 13% dari total tagihan.