Jumat, 11 November 2016

Kalori dalam sebutir telur

·         small egg (38 grams): 54 calories

·         medium egg (44 grams): 63 calories

·         large egg (50 grams): 72 calories

·         extra-large egg (56 grams): 80 calories

·         jumbo egg (63 grams): 90 calories

 

 

Source: http://www.healthline.com/health/food-nutrition/calories-in-an-egg

Rabu, 28 September 2016

Komposisi Biaya Tanaman New n Clear (tanaman? hehehe)

Sori Bos, sumbernya lupa. Waktu itu cuma ngopi bagian ini doang. Bagian depannya enggak. Insya Allah bisa ngasih sedikit gambaran

Rabu, 14 September 2016

Belajar Pendanaan Proyek

Ada artikel bagus tentang skema pendanaan proyek, nih. Link berikut memuat makalah dari I. Islami yang berjudul PROJECT FINANCE DAN PUBLIC PRIVATE PARTNERSHIP: SKEMA PENDANAAN ALTERNATIF PROYEK INFRASTRUKTUR.

Istilah-istilah yang pernah lewat di telinga seperti di bawah ini akan dijelaskan dengan cukup gamblang. Cukup mencerahkan.
- SPV (special puspose vehicle)
- PPP (public private partnership) atau KPS (kerjasama pemerintah swasta)
- Corporate finance
- Project finance
- Host government
- Contracting agency (CA)
- EPC
- PJPK (penanggung jawab proyek kerjasama)
- Ekuitas
- Project sponsor
- Industrial sponsor
- Strategic investor
- Financial investor
- Project company
- Lending bank
- MLA (mandated lead arranger)
- Sindikasi bank
- Product puschaser/offtaker
- Plant constructor
- Plant operator
- Plant supplier
- viability gap funding (VGF)
- leverage/leveraging



Sebuah tesis yang bertema pendanaan proyek milik mas Wibisana dari UI, tepatnya pada kasus PLTU milik PLN juga cukup membantu dalam memahami istilah-istilah yang sering digunakan dalam proyek. 

Sumber-sumber pendaan alternatif seperti berikut, lumayan membuka mata:
DIPA APBN (PMN)
- pinjaman government to government
- pinjaman komersial perbankan
- penerbitan surat utang untuk APLN
- sumber berbasis syariah

Penulis juga menjelaskan macam-macam risiko yang dihadapi proyek infrastruktur semacam PLTU. 

Lalu istilah seperti appraisal/pre-appraisal, apa itu hayo? Silahkan saja disimak di 



Semoga bermanfaat

Selasa, 13 September 2016

Resep Pempek Cepat Standar, Jadi, Enak, Ikan Kerasa, Kres-kres

Resepnya gampang diingat: 150-200-250

 

- 150 gr air dingin (kalo bisa sampai hamper es halus)

- 200 gr tepung sagu Alini (gambar mawar ijo) atau Sagu Tani Liong Pit (cap orang tani-gambar pak tani bawa cangkul tulisan ijo)

- 250 gr ikan tenggiri giling halus

 

Bumbu sesuka-sukanya tapi kalo mau standar: 1 sendok teh garam + setengah sendok the Royco

Bumbu pelengkap kalo suka: 1 siung bawang Bombay/bawang merah setara + 3 siung bawang putih.

 

Cara bikin:

- Blender ikan dan air dingin sampe halus dan menyatu.

- Masukkan dalam baskom

- Campur dengan sagu. Lipat-lipat itu tepung dan bubur ikan, jangan terlalu menekan, lakukan sampai terasa menyatu.

- Bentuk adonan sesuai selera, masukkan dalam air yang mendidih, angkat kalo pempek sudah mengapung dan mengembang putih (tanda matang sampe jeroan).

 

Tips:

Menggoreng

- Jangan langsung goreng, tunggu sampe dingin, 2 jam-an

- goreng dalam minyak panas, jangan lama-lama, soalnya nanti kalo sudah dingin kulit jadi keras.

 

Kalo nggak punya blender, tapi punyanya mikser gimana?

- Kerok saja daging ikannya pake sendok, penyet-penyet sampe halus, lalu campur dengan air dingin menggunakan mikser, mikser sampe kaku dan menyatu.

 

 

Semoga bermanfaat.